5 Fakta Unik Bumi


"Sebagai planet yang berada didalam tata surya ini, Bumi memang sudah menjadi tempat satu-satunya yang dihuni berbagai makhluk hidup karena memiliki berbagai unsur kehidupan. Dengan usianya yang sudah jutaan tahun, Bumi sudah melewati bermacam-macam masa kehidupan. Mulai dari pembentukan Bumi, penciptaan manusia pertama, hewan-hewan dan tumbuhan prasejarah, sampai besok akan tiba akhir dunia."

Dengan umur kita sekarang ini, sudah berapa lama kita hidup di Bumi? Sudah jelas kalian akan mempunyai jawaban yang berbeda-beda tentunya sesuai dengan usia kalian masing-masing. Namun, faktanya Bumi mempunyai berbagai hal unik dan menakjubkan yang belum tentu semua orang mengetahuinya. Penasaran kan? Berikut adalah beberapa fakta unik tetang Bumi. Selamat membaca...

1. Bumi Tidak Bulat Sempurna


Di sekolah kita, baik dari SD sampai SMA. Dalam pelajaran IPA atau Sains guru kita akan memberitahukan Bumi itu bulat. Ternyata pernyataan itu belum benar. Bumi tidak bulat sempurna seperti bola. Faktanya, bumi memiliki tonjolan disekitar ekuator karena gaya gravitasi. Pola radius Bumi adalah 3.949,99 mil sedangkan radius ekuator adalah 3.963,34 mil.

2. Asal Nama Bumi Dari Anglo-Saxons


Semua planet di dalam tata surya ini dinamai dengan nama dewa dan dewi dari mitologi yunani dan romawi. Kecuali Bumi berasal dari kata Anglo-Saxon yakni dari kata erda yang berarti tanah. Namun faktanya 71% unsur Bumi bukanlah tanah, akan tetapi air yang merupakan unsur yang paling penting dari Bumi itu.

3. Sehari Bukanlah 24 Jam


Orang-orang akan sering beranggapan bahwa waktu siang dan malam adalah 24 jam. Namun itu tidak cukup dan kurang tepat. Akan tetapi, lebih tepatnya Bumi akan berputar pada porosnya dalam 23 jam, 56 menit, 4 detik. Hari matahari, waktu yang diperlukan matahari untuk kembali keposisi meridian bervariasi sebanyak 16 menit sepanjang tahun. masih bingungkan? Silahkan cari google atau buku. Karena akan cukup panjang jika dijelaskan.

4. Bumi Punya Kembaran Bernama Theia


Beberapa ilmu telah menemukan dan mempercayai plenet lain seperti Bumi. Mereka percaya bahwa Bumi ini tidak sendiri di orbit tata suryanya. Yaitu Theia “kembaran Bumi” berukuran seperti Mars dan berada 60 derajat didepan jarak Bumi. Suatu waktu sekitar 4,5 milyar tahun lalu. Theia menabrak Bumi dan sebagian itu meledak dan menjadi material penciptaan Bulan. Sangat aneh? Tapi faktanya bulan memiliki basar dan isotop logam yang sama seperti Bumi.

5. 90% Samudra Belum Ter-Eksplorasi


Orang-orang sering menyibukkan penelitian mereka tentang mengeksplorasi Bulan dan planet lain. Akan tetapi akan lebih baik jika mereka mengeksplorasi samudra yang ada di Bumi. Karena Faktanya, masih kurang dari 10% bagian samudra yang luas itu di Bumi yang sudah dieksplor atau dijelajahi. Samudra mengandung 97% air dan 99% kehidupan. Jika para ilmuan mengemukakan sudah ada 212.906 spesies laut. Maka ada lebih dari 20 juta spesies yang BELUM DIKETAHUI. Mungkin saja spesies laut raksasa masih berkeliaran dibawah sana. Hehe berharap saja tidak berbahaya.


Sekian beberapa fakta unik dan Menarik seputar Bumi. Semoga bisa bermanfaat dan menambah ilmu pengetahuan kalian. Memang masih banyak sekali misteri-misteri yang belum terpecahkan mengenai Bumi oleh ilmuan-ilmuan. Oleh karena itu kita harus banyak-banyak belajar dan membaca buku untuk menambah ilmu pengetahuan kita. Terima kasih.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

5 Fakta Unik Bumi

"Sebagai planet yang berada didalam tata surya ini, Bumi memang sudah menjadi tempat satu-satunya yang dihuni berbagai makhluk hid...